Jenis Kucing Persia, inilah 4 Kucing Persia lucu cocok untuk kalian adopsi

Sebagian orang pasti sudah tidak asing dengan nama ras Kucing Persia. Kucing ini sangat populer di Indonesia dan banyak yang sudah menjadikannya sebagai hewan peliharaan. Penampilannya yang lucu dan menggemaskan jadi salah satu alasan kucing ini banyak digemari oleh para pecinta kucing.

Sekilas kucing ini terlihat semacam boneka. Ini karena bulunya yang panjang dan lebat serta badannya yang besar. Ciri lain dari kucing ini ialah bulu yang panjang, wajah bulat, serta hidungnya yang pesek.

Pada umumnya karakter dari kucing persia ini cenderung tenang. Sifatnya pula manja dan suka sekali menempel pada pemiliknya.

Kucing persia dibedakan jadi 4 jenis. Tiap- masing- masing jenis memiliki ciri khasnya tertentu. Berikut 4 jenis kucing persia.


Kucing Himalaya

jenis kucing persia

Kucing Persia Himalaya

Kucing persia jenis ini memiliki ciri hidung yang tidak terlalu pesek apabila dibandingkan dengan kucing persia jenis lain. Bulunya pula panjang dan tebal. Ciri yang lain ialah tubuhnya yang besar dibandingkan dengan kucing persia jenis lain. Beratnya bisa mencapai 4 hingga 6 kg.

Dan ciri khas dari kucing jenis himalaya ini terletak pada warna bulunya. Warna bulu pada kucing persia himalaya ini diucap color point. Karena kucing ini memiliki warna bulu yang berpola di bagian wajah, telinga, hidung, ekor, dan ujung kaki. Bagian yang berpola ini biasanya bercorak gelap semacam coklat tua maupun hitam. Kebalikannya bagian tubuh yang lain bercorak cokelat muda maupun putih.

Bila kita lihat sekilas, kucing persia jenis himalaya ini mirip dengan kucing siam. Kedua jenis kucing ini memanglah memiliki pola warna rambut yang sama. Namun, terdapat perbandingan pada kedua kucing ini.

Kucing persia himalaya memiliki bulu yang panjang dan tebal/lebat. Kebalikannya kucing siam bulunya tipis dan tidak sangat lebat. Ciri yang lain terlihat pada ekor. Ekor yang dimiliki kucing persia himalaya lebih panjang dan ditutupi bulu yang tebal. Kakinya pendek dan tidak suka melompat maupun memanjat. Kucing persia himalaya cenderung jinak dan tenang.


Flatnose

jenis kucing persia

Kucing Persia flatnose

Kucing persia jenis flatnose ini memiliki ciri khas yang terletak pada hidungnya yang pesek. Hidungnya berukuran kecil dan terlihat hampir sejajar dengan matanya.

Ciri lain dari kucing persia jenis ini ialah bentuk kepalanya yang sedikit kotak. Dengan bentuk semacam itu, membuat pipinya terlihat lebih chubby. Bulunya panjang dengan mata dan telinganya yang kecil. Tidak cuma itu bentuk telinganya pula meruncing.

Badannya gendut dan terlihat pendek. Ini karena jenis kucing persia ini memiliki kaki yang sedang, tidak sangat panjang dan tidak sangat pendek.

Jenis kucing persia ini banyak digemari. Kucing ini tidak seperti jenis kucing himalaya yang tenang. Kucing persia flatnose lebih aktif dan suka melompat, memanjat, serta bermain- main dengan benda-benda, barang yang ada di sekitarnya.

Apabila berniat memelihara kucing persia jenis ini, sebaiknya jauhkan benda/barang berharga maupun yang mudah rusak. Bisa sediakan tempat luas semacam halaman yang cukup besar, baik untuk ruang bermainnya.


Medium

jenis kucing persia

Kucing Persia medium

Tidak semacam 2 jenis kucing persia sebelumnya, jenis kucing medium ini memiliki hidung yang tidak pesek dan pula tidak mancung. Namun, bulu yang dimiliki jenis kucing persia ini ialah yang sangat lebat di antara jenis yang lain.

Kucing persia medium pula memiliki kaki yang lebih panjang di antara jenis yang lain. Bentuk muka jenis kucing persia ini pula sedikit berbeda dari jenis kucing persia yang lain. Karena hidungnya yang lebih mancung, bentuk moncongnya pula lebih runcing dibanding jenis yang lain.

Kucing persia jenis medium dibedakan jadi 2, shorthair dan longhair. Perbandingan ini bisa kita lihat dari panjang bulunya. Untuk perawatan jenis Kucing ini, longhair memerlukan atensi ekstra karena bulunya yang lebih panjang.


Peaknose

jenis kucing persia

Kucing Persia peaknose

Jenis kucing ini memiliki hidung sangat pesek di antara jenis yang lain. Namun jangan salah. Hidungnya yang pesek bukan berarti tidak berharga. Kucing persia peaknose jadi kucing dengan harga jual sangat besar di antara yang yang lainnya. Jenis Peaknose bisa dihargai sampai 12 juta rupiah loh.

Jika kita lihat sepintas, jenis kucing ini memanglah mirip dengan jenis flatnose. Namun, apabila diperhatikan lebih seksama, hidung dari peaknose terlihat lebih kecil, datar, dan pesek dibandingkan dengan flatnose. Ditambah badannya yang gendut menaikkan kesan imut dari si kucing mahal ini. Tidak kerap kucing persia peaknose sering diikutsertakan dalam kontes kucing.

Kucing persia jenis peaknose ini dibedakan jadi 2, yakni persia peaknose dan persia peaknose ekstrim. Perbandingan keduanya terletak pada hidung mereka. Jenis persia peaknose memiliki hidung yang pesek, kebalikannya buat jenis peaknose ekstrim hidungnya lebih pesek lagi. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Klinik dan Dokter Hewan Jakarta Yang Tetap Buka Di Hari Sabtu dan Minggu

15 Daftar Jenis Kucing yang Bisa Kalian Pelihara - CunengBloon