Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trah Anjing, Penggemar Hewan Harus Tahu Ini!


Di penjuru dunia ada lebih dari 800 tipe anjing ras (anjing keturunan) yang dianggap oleh club kennel di beberapa negara. Istilah "anjing keturunan murni" sebetulnya cuman berlaku untuk beberapa angkatan tertentu anjing, masalahnya semua anjing ras datang dari anjing kombinasi.
Trah anjing

Foto oleh Lum3n dari Pexels

Sejumlah kecil tipe anjing ras yang khusus sebagai hasil evolusi lebih dari 10.000 tahun lalu dan sama tuanya dengan riwayat domestikasi anjing. Tapi mayoritas anjing ras malah sebagai produk dari penyeleksian bikinan yang tersengaja. Beragam anjing ras yang dibuat penyeleksian bikinan betul-betul mempunyai beberapa ciri tertentu yang cuman ciri khas untuk ras itu. Mengakibatkan, dua ekor anjing dari ras yang lain dapat kelihatan benar-benar berlainan, meskipun ke-2 nya sebagai hewan yang serupa. Meskipun sama anjing dan performanya kelihatan benar-benar berlainan, anjing bisa mengenal rekanan sama-sama anjing antara hewan-hewan lain.


Pengertian anjing ras (anjing keturunan) benar-benar mengundang pro-kontra. Tergantung pada keseluruhan komunitas pendiri, perkembangbiakan dengan memakai gene pool tertutup yang menyebabkan berlangsungnya perkawinan sekerabat atau dampak pendiri. Pembiak anjing (kennel) telah makin sadar akan keutamaan komunitas gen dan menjaga keberagaman dalam gene pool. Pengecekan kesehatan dan test DNA yang sudah dilakukan pembiak anjing bisa menghindari terciptanya anak-anak anjing dengan permasalahan kesehatan dan perilaku yang serius.


Beberapa organisasi anjing ras telah memutuskan standard untuk satu ras (keturunan) lebih kendur. Satu ekor anjing bisa ditempatkan sebagai anggota ras jika mempunyai 75% dari karakter yang perlu ada di ras itu. Pemikiran yang serupa mengenai standard anjing ras diterapkan dalam pameran anjing. Anjing ras murni yang memenangkan pameran anjing terkadang tidak lepas dari masalah genetik karena dampak pendiri dan perkawinan antarkerabat. Walau begitu, permasalahan ini tidak terbatas pada anjing ras murni saja dan juga bisa berlaku pada komunitas anjing kombinasi. Keuntungan memiara anjing ras ialah perilaku dan wujud fisik yang dapat diperhitungkan lebih tepat. Anjing Labrador Retriever biasanya suka bermain air, sedang Beagle tentunya tertarik dengan beragam bau-bauan. Kebalikannya, wujud fisik dan perilaku anjing kombinasi susah diperhitungkan dan terkadang benar-benar unik. Pada bulan Februari 2004, Canine Studies Institute di Aurora, Ohio mengategorikan anjing jadi 10 kelompok.


Anjing kombinasi atau anjing mongrel ialah anjing yang tidak termasuk ke ras tertentu, dan sebagai kombinasi dari 2 ras ataupun lebih dalam beragam prosentase. Anjing kombinasi (anjing kampung), atau anjing tanpa asal mula ras murni benar-benar tidak lebih baik atau tambah buruk dibanding anjing ras untuk dipakai sebagai teman dekat, binatang piaraan, anjing karyawan, atau berlaga dalam olahraga anjing. Anjing kombinasi justru terkadang menyengaja dibikin, misalkan anjing Cockapoo yang disebut kombinasi Cocker Spaniel dengan Pudel mini. Persilangan yang tersengaja semacam ini diharap hasilkan anak anjing yang lebih perkasa sebagai akibatnya karena heterosis. Disamping itu, anak anjing dapat mempunyai beberapa ciri yang lain diharapkan, tapi kehilangan satu ataupun lebih beberapa ciri yang dipunyai orantuanya, seperti temperamen atau warna bulu-bulu. Walau begitu, persilangan tanpa test genetika terkadang dapat turunkan kerusakan genetika yang dipunyai ke-2 orangtua. Perkawinan silang yang tersengaja di antara dua ataupun lebih anjing ras bisa juga hasilkan anjing ras baru. Neoteni dalam evolusi beragam anjing rasSunting


Evolusi yang cepat dari serigala jadi anjing ialah contoh neoteni atau pedomorfosis. Seperti spesies yang lain, anak serigala lebih memiliki sifat sosial dan kurang menguasai dibanding serigala dewasa. Baik secara menyengaja mapun tidak, karakter anak serigala yang disukai manusia lebih condong berpengaruh pada karakter kekanakan yang tetap terikut sampai jadi serigala dewasa. Penyeleksian pedomorfosis dengan alami berpengaruh pada bertahannya ciri-ciri fisik serigala muda. Dibanding dengan serigala, mayoritas anjing ras dewasa masih tetap menjaga ciri-ciri fisik anak-anak, seperti bulu-bulu yang halus, badan montok, kepala dan mata yang besar, daun telinga yang jatuh dan bukan tegak, dan beragam karakter yang lain dipunyai mamalia muda. Semua untuk memperoleh seperti pelindungan dan pengasuhan dari mamalia dewasa, terhitung manusia dengan argumen "lucu" atau "menggemaskan".


Masih ada banyak contoh neoteni pada anjing, masing-masing ras mendapatkan tindakan neoteni yang berbeda tergantung pada karakter-sifat anjing yang diinginkan.


Tipe Anjing gembala

Sang penjaga hewan ternak memperlihatkan karakter-sifat anjing pemburu, tetapi secara teratasi. Anggota barisan ini ibarat Border Collie, Malinois Belgia dan anjing gembala Jerman memakai strategi pemburu pada hewan buruan untuk menakut-nakuti supaya temanan ternak dapat dikontrol. Perasaan alami untuk membunuh hewan buruan didesak lewat latihan. Anjing ras yang lain terhitung ke barisan ini, seperti Welsh Corgi, anjing Kanaan, dan Australian Cattle melakukan tindakan lebih agresif saat menggembalakan ternak. Sekalian manfaatkan wujud badan yang lebih kecil untuk menghindari dari hewan yang menantang.


Tipe Anjing pemburu

(gun dog atau bird dog) sebagai rekan manusia saat memburu. Anjing ras pointer (petunjuk lokasi buruan), setter (pencarian hewan buruan), spaniel dan retriever (pemungut buruan) alami pedomorfosis tingkat lanjut. Turut memburu bersama "temanan", tapi cuman berperanan sebagai "pemburu" yunior yang tidak turut mengambil sisi dalam serangan yang sebenarnya. Anjing tipe ini mendapati hewan sasaran yang prospektif dan membuat tidak dapat larikan diri, tapi mengendalikan diri dan tidak serang buruan. Peluang serang malah dikasih ke pemangsa yang lebih dewasa. Hasilnya ialah anjing ras dengan perilaku "petunjuk" lokasi hewan buruan. Sama seperti dengan perilaku anjing "pemungut" yang tidak membunuh sendiri hewan buruannya. Mereka cuman bekerja mengambil hewan buruan yang telah mati atau cedera dan mengantarnya untuk kawan-kawan sama-sama "temanan". Ciri-ciri fisik anjing pemburu lebih dekat sama anjing dewasa dibanding dengan anjing penggembala, tapi umumnya tidak mempunyai daun telinga yang tegak.


Tipe Anjing pencari

(Scenthound)tetap memiliki ukuran badan sedang dan skema perilaku mengikuti mangsa dengan ikuti tapak jejak baunya. Anjing yang terhitung ke barisan ini masih tetap mengendalikan diri tidak untuk serang mangsa sendirian, dan perlu panggil pimpinan temanan (dalam masalah ini, manusia) untuk menuntaskan pekerjaannya. Beagle, Bloodhound, Basset Hound, Coonhound, Dachshund, Fox Hound, Otter Hound, dan Harrier terhitung ke barisan ini.


Anjing tipe Sighthound

Sebagai anjing yang memburu dan serang semua mangsa yang kelihatan. Anjing yang terhitung ke barisan ini masih tetap menjaga wujud fisik anjing dewasa, dengan ciri-ciri fisik ciri khas seperti dada sempit dan badan yang langsing. Tapi anjing tipe ini tidak kembali mempunyai daun telinga tegak dan bulu-bulu dua lapis serupa mantel sama seperti yang dipunyai serigala. Afghan, Borzoi, Saluki, Sloughi, Pharaoh Hound, Azawakh, Whippet, dan Greyhound terhitung ke barisan ini.


Tipe Anjing Mastiff

Memiliki tubuh besar dan tinggi, mempunyai sisi dada yang besar seperti drum, tulang yang besar dan tengkorak yang tebal. Barisan anjing ini secara tradisionil dibiakkan untuk perang dan anjing penjaga.


Tipe Anjing Bulldog

Memiliki ukuran badan sedang, dibiakkan untuk berkelahi menantang hewan piaraan lain atau binatang liar. Anjing tipe ini mempunyai tengkorak persegi, tulang yang besar, pundak yang lebar, dan berotot kuat.


Tipe Anjing Terrier

Mempunyai karakter agresif dan kurang runduk pada anggota temanan yang lebih senior. Barisan ini mempunyai ciri-ciri fisik anjing dewasa seperti telinga tegak, meskipun tipe yang disukai umumnya memiliki ukuran badan kecil dan mempunyai kaki yang pendek, hingga anjing tipe ini dapat memburu mangsa yang ada dalam lubang.


Anjing yang sedikitnya menunjukkan skema perilaku pedomorfosis ialah anjing ras Basenji. Diperkembangbiakkan di Afrika untuk memburu pundak membahu dengan manusia, anjing Basenji benar-benar berdikari, tak perlu banyak jadi perhatian dan tidak menginginkan terlampau ditata manusia. Kerap disebutkan mempunyai personalitas serupa kucing, meskipun mempunyai ciri-ciri fisik seperti anjing dewasa pemangsa.


Selainnya skema perilaku menurut barisan di atas, anjing pada umumnya tentu dapat mengganti perilaku sama sesuai pengalaman, terhitung belajar dari perilaku "pimpinan temanan" (manusia). Kemampuan anjing untuk belajar memungkinkannya anjing dilatih sebegitu rupa hingga tidak seperti karakter alami yang dipunyai ras anjing itu. Walau begitu, latihan kerap tidak bisa mengganti skema sikap alami anjing ras tertentu. Whippet misalkan, kemungkinan tidak dapat diajar menggembala temanan domba.


Anjing ras asli IndonesiaSunting

Dari semua tipe anjing ras yang berada di dunia tidak ada satu juga anjing ras asli Indonesia. Anjing Kintamani ialah anjing ras pertama asli Indonesia yang dianggap Perkumpulan Kinologi Indonesia (PERKIN), dianggap Fédération Cynologique Internationale (FCI) pada 26 Maret 2019 sebagai anjing ras kelas dunia pada. Komunitas asli Anjing Kintamani ada di rimba sekitaran gunung Batur.

Posting Komentar untuk "Trah Anjing, Penggemar Hewan Harus Tahu Ini!"